Desain Gym Rustic

Foto inspirasi dan ide desain gym rustic.


Keterbatasan waktu akibat kesibukan bekerja membuat sebagian besar orang tidak sempat melakukan olahraga. Padahal, olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga kebugaran, mengurangi resiko penyakit, hingga dapat mencegah stres. Datang ke tempat gym adalah salah satu cara yang dipilih untuk berolahraga. Semakin banyak tempat gym, semakin memudahkan akses setiap orang untuk berolahraga.


Sayangnya, jarak tempat gym yang jauh, serta tidak adanya fasilitas olahraga yang mendukung di lingkungan rumah menjadi kendala tersendiri bagi sebagian orang. Lalu, apa yang harus dilakukan? Menyediakan ruang fitness di rumah adalah solusi yang bisa Anda pilih. Anda dapat tetap berolahraga tanpa kehilangan waktu berkumpul dengan keluarga.


Olahraga atau latihan fisik apa yang bisa dilakukan di rumah?

Banyak macam aktivitas olahraga yang dapat dilakukan di rumah, dengan ataupun tanpa alat fitness. Apa saja aktivitas olahraga yang bisa dilakukan di rumah? Berikut adalah beberapa macam olahraga yang dapat dilakukan di rumah : yoga, senam, push up, high knee running in place, jumping jack, plank, squat jump, crunch, step up, lunge, burpees, dan tricep dip.


Sebelum mendesain ruang fitness di rumah, Anda perlu mempertimbangkan jenis olahraga atau latihan fisik apa yang akan dilakukan. Pilihlah jenis olahraga sesuai dengan kebutuhan kesehatan Anda dan keluarga. Pertimbangkan siapa saja yang akan menggunakan ruang fitness dan kebutuhan dari masing-masing orang. Dengan mengetahui jenis olahraga apa yang akan dilakukan, akan memudahkan Anda menentukan peralatan apa saja yang perlu ada di dalam ruang fitness.


Dimana posisi ideal ruang fitness dalam rumah?

Apakah olahraga membutuhkan ruangan khusus atau tidak? Olahraga di rumah dapat dilakukan dimana saja, baik indoor maupun outdoor. Anda dapat melakukannya baik di ruang khusus yang disediakan untuk ruang fitness, di ruang keluarga, ataupun di halaman rumah. Sesuaikan lokasi dengan jenis kegiatan olahraga yang akan dilakukan dan kondisi rumah Anda. Anda dapat memanfaatkan ruang yang ada dalam rumah ataupun memanfaatkan ruang kosong sebagai ruang fitness untuk berolahraga.


Lalu adakah standar ukuran untuk ruang fitness? Tidak ada standar khusus untuk ruang fitness. Ukuran ruang fitness sangat fleksibel tergantung pada beberapa hal berikut : kegiatan fitness apa yang akan dilakukan, jenis alat fitness apa yang dibutuhkan, berapa kapasitasnya, dan apakah Anda berencana berolahraga bersama keluarga atau tidak.


Bagaimana desain ruang fitness yang ideal?

Mendesain fitness center dan interior ruang fitness di rumah tentu memiliki perbedaan. Mendesain interior ruang fitness di rumah lebih spesifik karena akan menyesuaikan pada kegiatan fitness yang dilakukan oleh penghuni rumah. Luasan tempat, alat fitness, dan furnitur tambahan tergantung dari kebutuhan Anda. Bagaimana desain interior ruang fitness yang sesuai untuk rumah Anda?Perhatikan beberapa hal berikut untuk mendapatkan desain interior ruang fitness yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


Warna Ruangan

Sesuaikan warna dengan warna yang membuat mood Anda meningkat untuk melakukan olahraga. Anda bisa menggunakan warna warna polos ataupun warna-warna bermotif sesuai dengan selera Anda.


Alat Fitness

Berolahraga di rumah dapat dilakukan dengan atau tanpa menggunakan alat fitness. Jika Anda menginginkan ruang fitness yang simpel, Anda dapat berolahraga tanpa menggunakan alat fitness. Dengan begitu, Anda hanya perlu menyiapkan ruang kosong sebagai tempat Anda berolahraga, baik di dalam ruangan ataupun di area luar rumah. Anda pun dapat melakukannya dengan memanfaatkan ruang-ruang dalam rumah, seperti di ruang keluarga. Jika Anda ingin menggunakan alat fitness, beberapa alat fitness yang bisa digunakan di rumah antara lain: treadmil, dumbbell, push up bar, dan pull up bar.


Furnitur Tambahan

Selain alat fitness, Anda dapat menambahkan beberapa furnitur tambahan sesuai kebutuhan. Ada baiknya untuk mempertimbangkan luasan ruang fitness yang Anda miliki. Umumnya, furnitur tambahan yang mendukung sebuah ruang fitness antara lain rak penyimpan, tv, dan kulkas mini.


Lantai Ruangan

Usahakan lantai ruang fitness Anda anti slip. Pilihlah material lantai yang tidak licin atau Anda dapat melapisinya dengan karpet.


Berapa biaya yang diperlukan untuk membuat ruang fitness?

Sudah menyiapkan bujet untuk desain ruang fitness Anda di rumah? Bujet adalah hal krusial saat akan mendesain rumah ataupun bangunan apapun. Pastikan biaya yang Anda butuhkan tidak melebihi bujet yang telah Anda anggarkan.


Mungkinkah untuk membuat tempat fitness dengan biaya murah? Sangat mungkin. Karena fitness bisa dilakukan dengan atau tanpa alat fitness. Bisa dilakukan di outdoor maupun indoor. Anda dapat menjadikan ruang di rumah Anda sebagai ruang fitness di waktu waktu tertentu.


Apabila Anda masih ragu, Anda bisa menggunakan jasa profesional arsitek dan desainer. Mereka akan membantu Anda untuk mendapatkan desain interior ruang fitness sesuai dengan kebutuhan dan bujet yang telah Anda anggarkan.


Temukan profesional arsitek dan desainer interior terbaik untuk ruang fitness Anda di Arsitag. Selain dapat mengenal profil para profesional, Anda dapat melihat berbagai gambar inspirasi ruang fitness hasil karya mereka.