Desain Ruang Keluarga Rustic

Foto inspirasi dan ide desain ruang keluarga rustic.

Filter

Ruang keluarga adalah tempat seluruh anggota keluarga berkumpul, berinteraksi, dan melakukan aktivitas bersama. Sebagai ruang temu antar anggota keluarga membuat keberadaan ruang keluarga dalam sebuah rumah menjadi poin penting yang tidak bisa diabaikan. Ruang keluarga adalah pusat sebuah rumah. Setiap anggota keluarga bertemu dan saling berkomunikasi di ruang keluarga. Dari sana keharmonisan keluarga dapat terbentuk. Oleh karena itu, posisi ruang keluarga perlu dipertimbangkan sebaik mungkin saat mendesain rumah tinggal. Mudah dijangkau oleh setiap penghuni rumah menjadi salah satu syarat sebuah desain ruang keluarga yang baik. Bagaimana desain ruang keluarga yang ideal? Apa yang harus dilakukan agar ruang keluarga dapat berfungsi secara optimal? Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat akan mendesain ruang keluarga.


Apa saja aktivitas yang biasa dilakukan di ruang keluarga?

Mengidentifikasi aktivitas apa saja yang dilakukan di ruang keluarga adalah langkah awal yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan desain. Sebuah ruang keluarga haruslah memberikan rasa aman dan nyaman sehingga membuat masing-masing angota keluarga merasa betah. Untuk itu, desain ruang keluarga harus mampu mewadahi berbagai aktivitas yang ingin dilakukan oleh anggota keluarga.


Pada umumnya, ruang keluarga menjadi tempat untuk berbincang antar anggota keluarga, makan dan menonton bersama, hingga bersantai bersama keluarga. Anda pun dapat menambahkan aktivitas lain yang kira-kira dapat dilakukan bersama-sama di ruang keluarga. Pastikan setiap anggota keluarga dapat melakukan kegiatan yang mereka sukai di ruang keluarga. Dengan begitu ruang keluarga dapat hidup dan berfungsi optimal.


Berapa ukuran dan luasan ruang keluarga Anda?

Ukuran ruang keluarga sangat bervariasi. Luas atau sempitnya ruang keluarga biasanya disesuaikan dengan besar kecilnya rumah. Pada umumnya, ukuran ruang keluarga ini berkisar 9-12m2 atau lebih tergantung luasan rumah. Bagaimana menata ruang keluarga di rumah kecil dan sempit? Dan bagaimana jika dilakukan di rumah yang luas?


Ruang Keluarga di Rumah dengan Lahan Terbatas

Rumah dengan luasan terbatas biasanya menerapkan sistem open plan untuk menghemat ruang. Ruang keluarga pada rumah-rumah kecil dan minimalis didesain menyatu dengan ruang makan. Bagi Anda yang ingin memiliki ruang keluarga minimalis dan sederhana, desain ruang keluarga dengan sistem open plan ini dapat menjadi pilihan.


Alternatif lain yang dapat Anda lakukan dengan memiliki ruang keluarga yang sempit adalah dengan memilih furnitur seminimal mungkin. Anda dapat mendesain ruang keluarga lesehan sehingga tidak perlu menambah furnitur yang memakan banyak ruang. Jika tidak, Anda pun dapat memilih furnitur multifungsi. Anda juga dapat menjadikan ruang keluarga sebagai ruang makan.


Ruang Keluarga di Rumah dengan Lahan Luas

Berbeda dengan rumah-rumah kecil dan minimalis, sebagian orang yang memiliki rumah dengan ukuran besar biasanya menempatkan ruang keluarga terpisah dari ruangan lain. Selain karena luasan rumah yang mencukupi, desain ruang keluarga yang terpisah biasanya dipilih untuk menampung jumlah anggota keluarga yang banyak. Akan tetapi, ruang keluarga yang didesain terpisah dari ruang lain perlu Anda perhatikan dengan baik. Pastikan ruang keluarga berada di tengah rumah dan terhubung dengan ruang-ruang setiap anggota keluarga.


Furnitur apa saja yang dibutuhkan untuk ruang keluarga?

Kegiatan akan menentukan furnitur apa saja yang Anda butuhkan. Aktivitas yang umum dilakukan di ruang keluarga adalah berkumpul, mengobrol bersama keluarga, ataupun menonton tv bersama. Untuk itu, sofa menjadi salah satu furnitur yang selalu ada di ruang keluarga. Pilihlah sofa yang membuat Anda dan keluarga nyaman dan betah di ruang keluarga. Apabila luas ruangan tidak memungkinkan, Anda dapat mendesain keluarga tanpa sofa.


Anda dapat mengganti sofa dengan karpet untuk duduk lesehan. Untuk membuat Anda dan keluarga semakin nyaman, Anda juga dapat menambahkan beberapa bantal. Pilih desain, tekstur, dan warna yang sesuai dengan konsep desain ruang keluarga Anda. Apabila Anda dan keluarga suka membaca, Anda dapat menambahkan rak buku jika luasan ruang keluarga masih memungkinkan.


Konsep desain ruang keluarga seperti apa yang diinginkan?

Kesan mewah, elegan, bersih, minimalis, atau sederhana muncul dari pemilihan warna, material dan pencahayaan yang tepat. Ketiga hal tersebut biasanya membentuk satu konsep desain yang ingin ditampilkan dalam ruangan. Anda ingin ruang keluarga dengan konsep desain seperti apa? Apakah minimalis, modern, natural, klasik, atau kontemporer?


Ruang Keluarga Minimalis Modern

Desain ruang keluarga minimalis modern banyak diminati karena konsep ini tidak membutuh banyak furnitur dan dekorasi. Minimalis modern lebih banyak menggunakan permainan warna. Konsep ini cocok diaplikasikan pada rumah berukuran mungil atau sempit. Perpaduan warna seperti hitam dan putih menjadi pilihan yang sering digunakan. Untuk furnitur, Anda dapat menambahkan furnitur-furnitur dengan bentuk geometris.


Ruang Keluarga Natural

Untuk mendapatkan tampilan natural dalam ruang keluarga, Anda dapat memilih material alam dan warna-warna ‘bumi’. Salah satu material alam yang dapat Anda pilih adalah kayu. Anda dapat memilih dekorasi dan furnitur dengan material kayu. Anda juga dapat menggunakan warna coklat dan hijau untuk menguatkan kesan natural, baik pada dinding, lantai ataupun pemilihan furnitur dan dekorasi. Jika posisi ruangan memungkinkan, desain ruang keluarga terbuka yang terhubung dengan taman atau ruang luar dapat memperkuat konsep natural yang diusung.


Ruang Keluarga Klasik

Banyak ornamen adalah ciri khas desain klasik. Untuk Anda yang ingin memiliki ruang keluarga dengan kesan mewah dan elegan, konsep klasik dapat menjadi pilihan. Konsep klasik ini sangat cocok digunakan pada ruang keluarga dengan ukuran besar. Warna-warna yang biasa digunakan adalah perpaduan putih dan coklat. Selain permainan warna, konsep klasik juga didukung oleh pemilihan furnitur dan juga pencahayaan ruangan. Oleh karenanya, konsep klasik termasuk salah satu konsep desain yang mahal.


Ruang Keluarga Kontemporer

Konsep kontemporer tidak terlalu banyak menggunakan permainan warna dan pola. Anda dapat memilih warna-warna solid ke dalam ruangan Anda. Meski tidak banyak menggunakan permainan warna, desain ruang keluarga Anda akan tetap menarik dengan dilengkapi furnitur unik serta dekorasi yang bisa Anda tambahkan pada dinding sebagai aksen.


Berapa bujet yang Anda siapkan untuk mendesain ruang keluarga?

Bujet adalah hal yang sangat krusial. Saat Anda akan melakukan renovasi ataupun mendesain interior ruang keluarga, Anda perlu memahami berapa biaya yang dibutuhkan. Pastikan bahwa biaya yang Anda butuhkan tidak melebihi bujet yang Anda miliki.


Lalu, pertanyaan yang biasa muncul kemudian adalah : Bagaimana jika ternyata bujet yang dimiliki minim?Apa yang harus dilakukan? Disinilah peran seorang arsitek dan desainer interior. Dengan menggunakan jasa seorang arsitek atau desainer interior, Anda dapat berdiskusi bagaimana mendesain ruang keluarga Anda dengan bujet yang Anda miliki. Dengan kreativitas mereka, Anda akan terbantu untuk menemukan solusi desain ruang keluarga terbaik yang sesuai dengan bujet.


Temukan profesional arsitek dan desainer interior untuk ruang keluarga Anda hanya di Arsitag. Selain dapat melihat profile dan beragam inspirasi desain ruang keluarga yang pernah dikerjakan oleh mereka, Anda pun dapat langsung mengontak mereka, berdiskusi dan mendapatkan solusi desain untuk ruang keluarga Anda.