Ide Terbaru Denah Rumah Minimalis Modern 2017-2018

Di zaman modern ini masyarakat mengetahui bahwa harga tanah menjadi semakin mahal. Hal tersebut juga disebabkan oleh makin banyaknya penduduk yang ada sehingga membutuhkan perumahan untuk tempat tinggal, baik untuk keluarga dan untuk pribadi. Ada banyak tempat tinggal yang bisa dipilih oleh masyarakat dari rumah susun, apartemen, rumah di kompleks, dan juga rumah tinggal sederhana biasanya. Karena mengetahui harga tanah yang semakin mahal dan ketersediaannya yang juga semakin terbatas, masyarakat sekarang ini cenderung memilih rumah jenis minimalis.

Rumah minimalis seperti namanya adalah rumah yang mempunyai luas dan perabotan yang minimalis. Pemilik rumah ini tidak memerlukan rumah yang luas dan juga perabotan yang besar-besar, tetapi cukup untuk bertempat tinggal di rumah yang kecil dan tidak terlalu besar dengan barang-barang yang kecil, namun mempunyai fungsi yang sangat berguna. Untuk contoh dari sketsa rumah sederhana atau rumah minimalis ini adalah seperti di bawah

Denah rumah minimalis FY House karya Gilbert Yohannes Voerman

Contoh sketsa rumah di atas merupakan contoh dari gambaran rumah sederhana yang mempunyai banyak ruangan dengan fungsi masing-masing. Akan tetapi, bagi yang ingin lebih minimalis tentu saja bisa untuk memanfaatkan ruang yang ada dalam rumah dengan lebih maksimal. Beberapa caranya tentu dengan memilih desain rumah minimalis yang mungil ukurannya, tetapi mempunyai fungsi yang lebih padat daripada rumah kebanyakan. Contohnya bisa seperti denah rumah 2 kamar tidur 3D di bawah ini.

Denah rumah 2 kamar tidur 3D Kirana Residence karya Small Space Interior

Hal ini terjadi karena masyarakat modern sekarang ini telah menyadari bahwa rumah minimalis lebih praktis ditempati daripada rumah yang luas. Hal tersebut sesuai dengan konsep modern living saat ini yang lebih menginginkan kepraktisan daripada keleganan yang nampak di luarnya saja. Hal ini mengakibatkan rumah minimalis ini menjadi salah satu jenis rumah yang paling dicari oleh masyarakat sekarang ini, terutama yang telah bekerja baik untuk tinggal sendiri atau dengan keluarga kecil. Untuk contoh denah rumah minimalis yang ada untuk tahun 2017 ini adalah sebagai berikut ini:

 

Denah rumah minimalis 2 kamar tidur Taman Tengah House karya Akanoma Yu Sing

Ada beberapa pilihan denah rumah minimalis yang bisa dipilih oleh masyarakat, seperti untuk banyaknya kamar yang ada, bisa dipilih menurut kebutuhan yang ada seperti berikut ini:

  • Rumah minimalis dengan hanya satu kamar saja. Walaupun ada, rumah ini sangat jarang ditemukan karena merupakan rumah pilihan untuk orang yang tinggal sendiri.
  • Rumah minimalis dengan dua kamar tidur. Ini merupakan tipe rumah minimalis yang banyak ada. Rumah ini mempunyai banyak pilihan luas dan juga harga yang bisa dipilih.
  • Rumah minimalis dengan tiga kamar.

Pilihan rumah minimalis yang dapat dipilih oleh masyarakat adalah rumah minimalis yang mempunyai luas yang minimal tentunya. Rumah dengan desain rumah sederhana 6×12 contohnya merupakan rumah yang mempunyai satu kamar saja dan cocok untuk ditinggali sendiri. Rumah ini hanya berisi satu kamar di dalamnya dan mempunyai banyak pilihan ruang yang biasanya terdiri dari kamar tidur, dapur, ruang tamu, dan juga kamar mandi, sehingga mempunyai ruangan yang sempit, tetapi mempunyai luas yang cukup dan maksimal untuk digunakan. Rumah tipe ini sangat cocok untuk masyarakat yang masih single untuk dapat hidup sendiri atau dengan pasangan. Oleh karena hanya ada satu kamar saja, tidak heran jenis rumah ini juga mempunyai harga yang lebih terjangkau daripada jenis rumah minimalis lainnya.

Denah rumah minimalis 1 kamar tidur Leyangan Project karya Aryo Tomy

Rumah jenis kedua adalah rumah minimalis yang mempunyai denah rumah 2 kamar. Rumah ini sangat cocok ditinggali untuk keluarga kecil yang, sama seperti jenis rumah sebelumnya, juga mempunyai kamar tidur, dapur, kamar mandi, dan ruang tamu. Rumah ini mempunyai dua ruang kamar yang lebar dan luasnya juga menyesuaikan dari luas rumah tersebut. Ada kamar utama dan juga kamar kedua yang bisa digunakan untuk kamar anak atau untuk kamar tamu yang menginap di rumah.

Apabila ingin lebih praktis lagi, ada juga rumah dengan mempunyai tiga ruang kamar yang ada di dalamnya. Jenis ini merupakan rumah yang mempunyai luas yang cukup atau juga mempunyai desain rumah yang terdiri dari beberapa kamar, dapur, ruang tamu, dan juga ruang keluarga. Untuk rumah ini biasanya merupakan tempat tinggal untuk keluarga yang bisa dipilih dengan pilihan rumah lantai satu atau lantai dua dengan mempunyai tiga kamar.

Apabila akan memilih rumah minimalis dengan tiga kamar ini, Anda bisa memilih luas kamar tersebut. Beberapa luas untuk kamar yang bisa dipilih bagi masyarakat yang mempunyai tiga kamar ini adalah sebagai berikut ini:

  • Ada denah rumah 3 kamar ukuran 7×9 yang merupakan kamar tidur yang cukup luas untuk ruangan di rumah minimalis. Rumah dengan kamar ini mempunyai ukuran yang luas yang cocok untuk kamar utama atau kamar anak-anak.
  • Ada denah rumah 3 kamar ukuran 6×12 yang bisa dipilih. Ukuran ini juga mempunyai kamar yang cukup luas dan cocok untuk ruang kamar rumah minimalis yang cukup besar untuk kamar utama dan juga kamar untuk anak-anak.

Rumah minimalis dengan 3 kamar tidur ini mempunyai banyak sekali contoh yang bisa dipilih. Seperti penjelasan di atas, rumah dengan 3 kamar tidur ini mempunyai banyak ukuran yang bisa dipilih. Selain luas ukuran kamarnya, rumah minimalis juga bisa dilihat dari jumlah lantainya yaitu rumah minimalis 3 kamar dengan 1 lantai atau 2 lantai. Rumah minimalis 2 lantai ini akan lebih baik dipilih karena mempunyai ukuran minimalis daripada jenis rumah 3 kamar dengan satu lantai karena akan memakan lahan bangunan yang lebih kuas. Sebuah contoh untuk denah rumah minimalis 3 kamar tidur adalah sebagai berikut.

 

Denah rumah minimalis 3 kamar tidur Wijaya Compact House karya SNRG Studio

Selain ada rumah minimalis dengan 1 kamar, 2 kamar, dan juga 3 kamar, ada juga denah rumah sederhana 4 kamar tidur. Ada beberapa keuntungan rumah minimalis dengan 4 kamar tidur ini, salah satunya yaitu bisa mendapatkan kamar yang cukup untuk anggota keluarga yang lumayan besar dengan beberapa anak yang ada. Rumah ini tidak harus memakan tanah yang luas, tetapi bisa didesain dengan 2 lantai sehingga kamar dan ruangannya dapat untuk dibagi di lantai 1 dan 2.

Denah rumah 4 kamar tidur Crystal Hill Cluster Denpasar karya Vinda Nurfitri 

Denah rumah minimalis 4 kamar tidur RS3 karya Plat Architect (Sumber: arsitag.com)

Anda yang ingin memilih denah rumah minimalis, baik 1 kamar, 2 kamar, 3 kamar, dan bahkan 4 kamar, bisa membeli rumah secara langsung dari developer. Namun, apabila ingin membangun sendiri dengan desain yang lebih unik untuk mendapatkan rumah minimalis impian tersebut, Anda bisa menggunakan jasa arsitek untuk membuat denah rumah tersebut. Apabila ingin memilih jasa arsitek yang tepat, Anda bisa menggunakan jasa Arsitag yang merupakan jasa penghubung klien dengan berbagai macam jasa arsitek yang ada.

 

Baca juga:

Desain Pagar Rumah Minimalis Sederhana Namun Menawan

Membangun Rumah Tahap 7: Desain Skematik

Dudung Rahmanto

Dudung Rahmanto

Dudung Rahmanto memiliki hobi memancing dan bersantai dengan keluarga. Keinginan terbesarnya adalah mempunyai atau menjadi bagian dari sebuah startup berpotensi unicorn yang bisa membantu memecahkan masalah masyarakat luas.

More Posts