Model Teras Rumah Minimalis Berkesan Mewah, Klasik, dan Sederhana Terbaru

Teras adalah tempat yang berada di luar rumah pada umumnya. Ada dua jenis teras yaitu teras depan dan teras belakang. Keduanya mempunyai fungsi yang sama yaitu biasanya merupakan tempat untuk mengobrol, menerima tamu, dan juga untuk bersantai. Biasanya teras belakang rumah ini digunakan untuk mengobrol ringan antar anggota keluarga ketika sore hari dengan membicarakan banyak topik. Sedangkan, teras depan biasanya digunakan untuk membaca koran pagi sambil minum kopi. Selain itu, teras depan juga umumnya digunakan untuk menerima tamu sebagai ganti ruang tamu.

Rumah minimalis juga biasanya mempunyai teras di depannya yang bisa dipilih sesuai selera pemilik rumahnya. Teras rumah minimalis ini mempunyai bentuk yang sederhana yaitu dengan kursi dan juga meja kecil / meja kopi di sampingnya. Ini merupakan ciri khas untuk teras depan rumah minimalis. Contoh Foto teras rumah minimalis adalah sebagai berikut ini:

Model teras rumah minimalis Mountain View karya Zoelsitektur (Sumber: arsitag.com)

Foto di atas adalah model teras rumah minimalis yang belum ada kursi dan meja untuk penerimaan tamu. Teras di rumah minimalis ini biasanya hanya mempunyai ukuran yang kecil. Gambar di atas juga memberikan gambaran umum mengenai model tiang teras depan rumah minimalis yang sesuai dengan bangunan rumah yang minimalis. Untuk rumah minimalis memang terkesan tidak terlalu memperhatikan konsep yang ada karena hanya akan mempertimbangkan mengenai kegunaannya saja yang maksimal daripada memikirkan konsepnya.

Contoh di bawah ini juga akan menggambarkan model dak teras rumah minimalis yang ada pada umumnya. Model dak dan tiang yang ada untuk rumah minimalis ini umumnya berbentuk garis-garis lurus. Yang menjadi perbedaan setiap rumah adalah besar kecilnya dak tersebut atau juga warna saja yang berbeda. Contoh dari dak teras rumah yang minimalis adalah sebagai berikut ini.

Dak teras rumah minimalis modern Minimo House karya Zoelsitektur (Sumber: arsitag.com)

Teras rumah minimalis modern terkesan kaku dalam konsepnya. Bahkan, kebanyakan teras rumah untuk tipe minimalis tersebut hanya teras kosong dan tidak mempunyai kursi dan meja di depannya. Hal tersebut sama seperti pola hidup masyarakat modern yang sibuk dengan pekerjaan dan menghabiskan waktu di luar dan tidak mempunyai waktu untuk mengurusi hal yang tidak terlalu penting. Kursi dan meja di teras sendiri dianggap kurang efisien karena banyak yang hanya menjadi pajangan saja karena apabila menerima tamu, bisa untuk langsung di ruang tamu sehingga kursi dan meja di teras tersebut dianggap kurang efektif fungsinya. Banyak rumah minimalis yang tidak mempergunakannya dengan maksimal.

Untuk pemilik rumah minimalis yang sering mempergunakan teras rumahnya sendiri juga kadang tidak berani bereksperimen dan hanya mempunyai teras rumah minimalis sederhana dengan kursi dan meja. Tidak jarang di depannya diberikan kolam ikan bagi yang menggemari ikan atau hanya untuk sebagai pajangan saja. Oleh karena itu, pemilik rumah minimalis bisa mencoba untuk membuat teras rumahnya menggunakan konsep yang berbeda sehingga dengan perubahan kecil tersebut akan juga dapat mempengaruhi suasana rumah minimalis yang akan terasa lebih hidup. Untuk contoh teras rumah yang minimalis dengan konsep sederhana misalnya dapat ditunjukkan dengan gambar di bawah ini.

Teras rumah minimalis modern dengan kolam ikan MM House karya Studio TonTon (Sumber: arsitag.com)

Apabila ingin mempunyai tampilan teras yang lebih hidup, Anda bisa mencoba konsep teras rumah minimalis batu alam untuk mendapatkan sentuhan alam di rumah minimalis. Hal tersebut akan membuat kesan rumah lebih hidup dan juga akan lebih terasa nyaman dipandang karena tidak terlalu gersang seperti teras rumah minimalis pada umumnya. Teras dengan batu alam ini bisa didapatkan dengan menggunakan batu alam yang disukai oleh pemilik rumah terutama untuk pemilik yang memang hobi dengan suasana alam. Contoh gambar rumah yang menggunakan model teras rumah dengan batu alam ini adalah sebagai berikut:

Teras rumah minimalis modern dengan batu alam 420 Residence karya 1+8 Architect (Sumber: arsitag.com)

Anda bisa menggunakan konsep batu alam ini untuk teras depan rumah atau juga teras yang ada di belakang rumah. Keduanya akan memberikan kesan yang nyaman, terlebih di teras yang digunakan untuk tempat mengobrol santai dengan keluarga atau para tamu. Teras yang mempunyai hiasan alam ini juga akan lebih menyenangkan untuk dipandang dan akan membuat suasana menjadi lebih enak. Anda bisa menikmati sambil membaca koran pagi, menyeduh kopi, mengobrol dengan tamu dan keluarga, menelepon, dan berbagai macam kegiatan lainnya di teras rumah ini karena akan  mendapatkan angin segar dari alam langsung. Hal tersebut membuat teras rumah menjadi pertimbangan penting ketika akan membangun ataupun merenovasi rumah.

Teras dengan taman dan kolam yang memberi suasana alam di 2 House karya Herry J Architects (Sumber: arsitag.com)

Untuk melakukan dekorasi teras rumah minimalis agar sesuai dengan keinginan, Anda bisa menyewa jasa renovasi. Jasa renovasi ini tentunya memerlukan pertimbangan yang matang sehingga dapat menemukan jasa renovasi yang tepat. Anda bisa merenovasi teras di rumah tersebut sesuai dengan keinginan seperti tema alam atau yang lainnya sesuai dengan karakter dan kesukaan pemilik rumah masing-masing.

Teras rumah minimalis dengan perabot mewah berkesan klasik The Timeless Classic karya Iwan Sastrawiguna (Sumber: arsitag.com)

Selain dengan mempertimbangkan keinginan pribadi untuk teras yang ingin dimiliki pemilik rumah, Anda juga harus mempertimbangkan beberapa hal apabila akan memilih jasa renovasi tersebut.

  • Memilih jasa renovasi yang dari perusahaan yang terpercaya
  • Memilih jasa renovasi dengan kerja dan pengalaman yang dapat diandalkan sehingga teras yang diinginkan akan dapat selesai dengan cepat dan sesuai dengan keinginan.
  • Memilih jasa renovasi yang sesuai dengan budget yang ada dan cocok dengan konsep yang diinginkan pemilik untuk teras rumahnya.

Salah satu pilihan untuk dapat menemukan jasa renovasi untuk membuat tampilan teras rumah Anda seperti yang diinginkan adalah dari Arsitag. Perusahaan ini bergerak di bidang jasa yang bisa membantu masyarakat yang hendak mencari jasa renovasi bukan hanya untuk teras rumahnya, tetapi juga rumah secara keseluruhan. Anda bisa memanfaatkan Arsitag untuk dapat menemukan seorang atau perusahaan jasa renovasi yang sesuai dengan keinginan baik dari konsep yang sesuai dengan yang Anda inginkan, dari budget, dan juga dari kredibilitasnya sebagai jasa renovasi. Anda bisa memilih sendiri dan dengan menggunakan jasa dari Arsitag ini, Anda juga akan lebih cepat menemukan jasa renovasi yang cocok.

Teras belakang rumah dengan bangku dari kayu asli dan pemandangan kota di W House karya Studio Air Putih (Sumber: arsitag.com)

Selain jasa renovasi, Arsitag juga menyediakan beberapa jasa lainnya seperti:

  • Informasi untuk masyarakat yang membutuhkan jasa arsitek untuk dapat mendesain bangunan rumah, kantor, perusahaan, dan proyek-proyek lainnya.
  • Informasi untuk jasa desainer interior yang dapat membuat ruangan menjadi lebih baik dari segi efisiensi, tampilan estetik, dan juga penataannya.
  • Jasa kontraktor yang cocok untuk proyek yang akan dikerjakan.

 

Baca juga:

Desain Pagar Rumah Minimalis Sederhana Namun Menawan

Desain Taman Minimalis Yang Teduh

Dudung Rahmanto

Dudung Rahmanto

Dudung Rahmanto memiliki hobi memancing dan bersantai dengan keluarga. Keinginan terbesarnya adalah mempunyai atau menjadi bagian dari sebuah startup berpotensi unicorn yang bisa membantu memecahkan masalah masyarakat luas.

More Posts