Desain Garasi Transitional

Foto inspirasi dan ide desain garasi transitional.


Garasi merupakan area tambahan dalam rumah yang digunakan untuk menyimpan kendaraan, baik itu mobil ataupun motor. Sebagian besar rumah membutuhkan sebuah garasi. Akan tetapi, tidak semua rumah memiliki cukup lahan untuk digunakan sebagai garasi. Pada akhirnya, mereka memanfaatkan sisa lahan halaman depan rumah sebagai garasi terbuka yang biasa disebut sebagai carport.


Garasi atau carport rumah memiliki dua fungsi utama, yaitu fungsi penyimpanan dan fungsi perlindungan. Garasi ataupun carport rumah berfungsi untuk menyimpan dan melindungi kendaraan dari panas, hujan, kerusakan juga pencurian. Bukan hanya itu, garasi rumah juga seringkali dijadikan tempat menyimpan perkakas kendaraan hingga tidak jarang menjadi bengkel darurat. Oleh karena itu, desain garasi ataupun carport rumah harus mampu mewadahi kedua fungsi utama dan fungsi aktivitasnya, disamping tetap mempertimbangkan fungsi estetika.


Mendesain garasi terlihat mudah akan tetapi membutuhkan perhatian khusus dan perhitungan yang matang. Bukan hanya mempertimbangkan ukuran ruangnya, mendesain garasi rumah juga butuh perencanaan sirkulasi dengan tepat.


Apa yang ingin Anda buat : Garasi, Carport, atau Garasi dan Carport?

Area untuk menyimpan kendaraan dalam rumah dapat dibedakan menjadi dua macam : garasi dan carport (garasi terbuka). Memilih garasi atau carport biasanya diputuskan berdasarkan kebutuhan dan luas tidaknya lahan yang dimiliki. Apa yang akan Anda buat untuk rumah Anda?


Garasi

Desain garasi pada umumnya menyatu dengan bangunan utama rumah. Jika Anda memiliki lahan yang cukup luas, Anda dapat memilih area menyimpan kendaraan dalam bentuk garasi. Desain yang tertutup dan menyatu dengan bangunan utama rumah, membuat garasi dirasa lebih aman dibanding carport.


Carport

Carport adalah garasi dalam keadaan terbuka yang biasanya berada di halaman rumah. Selain sebagai area menyimpan kendaraan, carport juga dapat berfungsi sebagai area parkir bagi kendaraan tamu. Carport sangat cocok digunakan bagi Anda yang memiliki rumah dengan luasan lahan terbatas.


Garasi dan Carport

Jika Anda memiliki tipe rumah dengan lahan yang luas, Anda dapat membuat garasi sekaligus dengan carport. Membuat garasi sekaligus dengan carport memberikan keuntungan bagi Anda yang memiliki jumlah kendaraan cukup banyak. Selain memiliki garasi sebagai area menyimpan kendaraan, carport dapat menjadi area parkir kendaraan saat siang hari.


Berapa standar ukuran lahan untuk garasi?

Berapa luas lahan untuk garasi yang Anda miliki? Ukuran lahan untuk garasi tergantung dari jenis kendaraan, ukuran kendaraan, dan juga jumlah kendaraan yang akan Anda parkir di garasi. Sebelum mendesain garasi, cobalah untuk mencari tahu ukuran kendaraan yang akan Anda parkir di garasi agar dapat menentukan apakah luas lahan yang Anda miliki cukup atau tidak. Hal ini karena luas lahan yang Anda miliki akan menentukan daya tampung kendaraan yang dapat diparkir dalam garasi.


Umumnya, standar ukuran garasi untuk 1 mobil memiliki ukuran lebar 2.7 sampai 3 meter, ukuran panjang 5.4 sampai 6 meter, ukuran tinggi garasi minimal 2.1 meter, serta lebar pintu garasi minimal 2.4 meter. Ukuran tersebut dapat berubah disesuaikan dengan tipe dan ukuran mobil Anda. Jika Anda ingin menambahkan area penyimpanan perkakas, Anda dapat menambah ukuran panjang ataupun lebar kurang lebih 1 meter. Jangan lupa untuk memberikan ruang sirkulasi yang nyaman bagi Anda untuk masuk atau keluar dari mobil.


Apabila luas lahan rumah Anda tidak memungkinkan dibangun garasi, Anda dapat membuat carport. Carport adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki rumah dengan luasan sempit dan terbatas. Dengan desain yang terbuka, area lahan yang sempit terasa lebih lapang tanpa adanya dinding pembatas.


Dimana sebaiknya garasi dan carport diletakkan?

Posisi garasi akan menentukan pola sirkulasi. Untuk itu, Anda perlu memperhitungkan dengan matang posisi garasi Anda agar aman bagi mobil dan nyaman bagi pengendaranya. Dimana Anda akan menempatkan garasi atau carport rumah Anda? Apakah di depan rumah ataukah di samping rumah? Pilihlah lokasi yang memudahkan sirkulasi keluar masuk mobil. Berikan jarak aman bagi mobil Anda. Pertimbangkan diameter putaran yang dibutuhkan.


Apa saja yang perlu diperhatikan saat akan mendesain garasi atau carport?

Dalam mendesain garasi ataupun carport rumah, Anda perlu mempertimbangkan desain dan pemilihan material yang tepat untuk mengoptimalkan fungsi garasi. Ada tiga desain yang perlu Anda rencanakan dengan matang : desain lantai garasi, desain pintu garasi, dan desain atap garasi.


Desain Lantai Garasi atau Carport

Dalam mendesain garasi mobil ataupun carport, lantai menjadi bagian penting yang perlu diperhatikan. Perhatikan pemilihan material lantai yang akan digunakan untuk garasi mobil atau carport Anda. Tekstur, kekuatan, kemudahan perawatan adalah 3 hal yang perlu dipertimbangkan dengan matang. Pilihlah material yang kuat menahan beban kendaraan, memiliki tekstur aman, serta mudah dibersihkan. Untuk lantai garasi ataupun carport, Anda dapat memilih beberapa material berikut : batu alam, semen plesteran, grass block, keramik, dan koral sikat.


Desain Pintu Garasi atau Carport

Pintu garasi ada bermacam-macam pilihan, antara lain : pintu mengayun, pintu geser, pintu lipat, pintu rel, dan pintu menggulung (rolling door). Dari semua jenis tersebut, pintu garasi lipat adalah jenis pintu garasi yang paling banyak diminati. Pilihlah desain pintu garasi rumah sesuai dengan kondisi ruangan garasi Anda, mudah perawatannya, serta menggunakan material yang kuat dan kokoh.


Desain Pintu Garasi atau Carport

Pintu garasi ada bermacam-macam pilihan, antara lain : pintu mengayun, pintu geser, pintu lipat, pintu rel, dan pintu menggulung (rolling door). Dari semua jenis tersebut, pintu garasi lipat adalah jenis pintu garasi yang paling banyak diminati. Pilihlah desain pintu garasi rumah sesuai dengan kondisi ruangan garasi Anda, mudah perawatannya, serta menggunakan material yang kuat dan kokoh.


Desain Atap Carport

Dalam mendesain carport, atap menjadi bagian penting yang harus direncanakan dengan matang. Desain atap carport dituntut kuat dan aman bagi kendaraan di bawahnya. Untuk itu, pilihan struktur dan penutup atap yang tepat diperlukan untuk memaksimalkan fungsi tersebut.


Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat garasi dan carport?

Sudahkah Anda menyiapkan bujet untuk membuat garasi atau carport rumah Anda? Berapa bujet yang Anda anggarkan untuk garasi rumah? Desain dan material apa yang digunakan berpengaruh terhadap murah atau mahalnya biaya yang dibutuhkan. Untuk itu, desainlah garasi rumah Anda sesuai dengan bujet yang telah Anda anggarkan. Prioritaskan kebutuhan fungsi garasi dalam desain.


Menggunakan jasa profesional arsitek dapat Anda pilih guna membantu Anda mendesain garasi dan carport rumah. Anda dapat menemukan profesional yang tepat untuk desain garasi Anda di Arsitag. Selain dapat melihat profil mereka, Anda pun dapat melihat karya karya mereka sebagai inspirasi desain garasi Anda.