Desain Lobby Klasik

Foto inspirasi dan ide desain lobby klasik.


Lobby adalah sebuah ruang yang terdapat pada bangunan yang berfungsi sebagai ruang peralihan antara ruang luar dan ruang dalam bangunan. Lobby biasanya terdapat pada bangunan komersil seperti hotel, perkantoran, dan mall. Lobby juga dapat ditemukan pada fasilitas umum seperti rumah sakit. Lobby biasanya digunakan untuk ruang tunggu pengunjung sebelum masuk lebih jauh ke dalam bangunan. Sebagai tempat pertama yang didatangi pengunjung, lobby haruslah mencerminkan citra yang ingin ditampilkan oleh bangunan.


Apa saja yang terdapat pada ruang lobby?

Sebagai tempat tunggu dan transisi, yang biasanya terdapat pada ruang lobby antara lain:


  1. Resepsionis


    Jika anda mengunjungi suatu tempat yang belum pernah anda datangi, anda pasti akan menuju suatu tempat dimana anda bisa mendapat informasi dengan cepat. Maka, resepsionis adalah bagian yang penting dari sebuah lobby. Resepsionis juga dapat menjadi pusat dari sebuah lobby.

  2. Area tunggu


    Area tunggu di lobby dapat berupa kursi-kursi tanpa meja atau sofa set, tergantung kebutuhan. Furniture di dalam area tunggu di ruang lobby haruslah mencerminkan apa yang ingin ditampilkan dari bangunan. Jika anda ingin menampilkan kesan simpel dan casual, maka gunakan furnitur yang sederhana dan tidak memiliki banyak ornamen. Jika anda ingin menampilkan kesan klasik dan mewah, maka gunakan sofa set yang berkesan mewah dan nyaman.

  3. Akses menuju ruang lain


    Akses ini dapat berupa pintu untuk menuju ruang tersebut, atau sebuah lorong, atau akses menuju lantai berikutnya misal tangga atau lift.


Apa yang harus diperhatikan dalam desain lobby?

Yang perlu diperhatikan dalam mendesain lobby adalah luas ruangan dan memperhitungkan kapasitas orang di dalam lobby. Untuk desain lobby pada bangunan yang cukup besar, sediakan cukup ruangan di lobby untuk pengunjung duduk secara bersamaan.


Tata letak desain lobi adalah salah satu aspek terpenting dari desain. Tata letak tergantung pada ruang sirkulasi, dan perkiraan jumlah orang yang akan menggunakan lobi pada waktu tertentu. Tata letak lobi seharusnya dirancang di sekitar ruang sirkulasi, karena selain perlu terlihat luas, semua aktivitas pengunjung akan berawal dan berakhir di lobby. Pada kebanyakan desain lobi, furnitur berada di tepi ruangan agar ada ruang terbuka yang luas.


Aspek fleksibilitas dan multifungsi juga perlu dihadirkan dalam desain lobby. Lobby dapat menjadi tempat berkumpul sementara, misal jika terjadi bencana. Akses keluar masuk juga haruslah mudah ditemukan dan dengan penanda yang mudah dipahami.


Jika mendesain lobby rumah sakit atau pelayanan publik lainnya, perhatikan akses untuk pengunjung yang memiliki keterbatasan atau disabilitas.


Bagaimana mendesain lobby hotel?

Poin utama dari setiap desain lobi hotel adalah resepsionis. Resepsionis sebagai hal pertama yang akan dilihat pengunjung, haruslah dirancang dengan mengedepankan kesan yang ingin ditampilkan dari hotel tersebut. Bagian utama resepsionis adalah meja dan dinding di belakangnya. Kedua hal ini perlu dirancang khusus, dengan meja resepsionis yang tinggi dan berkesan rapi, serta dinding belakang yang mencerminkan karakter hotel.


Di dalam lobby hotel terdapat area menunggu. Gunakan furnitur yang memiliki kesatuan kesan dengan keseluruhan lobi anda, seperti set kursi atau sofa. Jika mendesain hotel budget yang modern, ruang tunggu sederhana dengan furnitur yang memiliki ketahanan tinggi dan mudah dibersihkan sangatlah cocok. Jika mendesain lobby untuk hotel yang berkesan mewah, gunakan furnitur yang memiliki kesan mewah serupa, misal dengan gaya klasik dan sofa yang besar dan nyaman.


Setiap desain lobi hotel perlu terlihat menyeluruh. Desain keseluruhan perlu terlihat memiliki kesatuan antara tiap elemen seperti resepsionis dan ruang tunggu. Tentu saja dinamika visual juga harus menggambarkan karisma yang menarik para tamu dan meninggalkan kesan pertama yang baik, jadi berhati-hati dengan semua elemen desain seperti warna, bahan dan pencahayaan, adalah suatu keharusan. Desain lobi hotel adalah kumpulani dari banyak bagian kecil termasuk tata letak, furnitur, pencahayaan, skema warna, dan banyak lagi.


Bagaimana mendesain lobby kantor?

Area resepsionis atau lobi dapat menjadi elemen penting dari kantor, memungkinkan Anda memberi kesan positif kepada pengunjung saat mereka memasuki kantor Anda untuk pertama kalinya. Pastikan Anda mendekorasi ruang-ruang ini dengan baik untuk menciptakan kesan pertama yang baik bagi pelanggan Anda. Mereka akan sangat senang berbisnis dengan perusahaan Anda ketika Anda memiliki kantor yang menarik dan profesional.


  1. Membangun suasana yang ramah


    Bila Anda memiliki area resepsionis yang baik, Anda akan dapat menciptakan suasana yang ramah di kantor Anda. Semua tamu akan merasa nyaman saat memasuki kantor Anda.

  2. Buat tampilan profesional untuk kantor Anda


    Penting juga bagi Anda untuk menciptakan tampilan profesional di kantor Anda. Anda akan dapat meningkatkan brand awareness Anda dengan mudah ketika Anda memiliki resepsionis dan ruang lobby di kantor Anda. Ketika Anda dapat memberikan tampilan profesional ruang kantor Anda, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk menjual produk atau layanan apa pun kepada pelanggan Anda dengan mudah.

  3. Para tamu dapat menemukan ruang-ruang di kantor dengan mudah


    Ketika Anda ingin meninggalkan kesan pertama yang baik pada semua tamu Anda di kantor Anda, Anda harus belajar tentang bagaimana Anda dapat mengelola semuanya dengan benar. Anda harus menyimpan semua furnitur dan barang-barang serapi mungkin. Posisi furnitur yang rapi dapat membantu tamu Anda menjelajahi area dengan mudah. Jika Anda memiliki ruang kantor yang agak besar dan mereka perlu bergerak, mereka akan dapat menemukan arah mereka dengan mudah jika Anda memiliki ruang yang dirancang dengan baik.

Apa saja yang sebaiknya ada untuk melengkapi desain lobby?


  1. Memiliki karya seni yang eye-catching


    Ini adalah salah satu aksesori paling populer yang dapat Anda pasang di lobby kantor Anda. Ada banyak jenis seni yang dapat Anda pasang di dinding Anda untuk menarik perhatian. Anda dapat menambahkan beberapa foto, lukisan, dan banyak benda artistik lainnya di kantor Anda.

  2. Tanaman hias


    Ketika Anda ingin menambahkan kesan alami di dalam kantor Anda sendiri, Anda dapat menanam tanaman di dalam kantor Anda. Tidak hanya akan membuat kantor Anda ramah lingkungan, tetapi juga akan mendorong udara segar untuk bersirkulasi di lobi dan area resepsionis Anda.

  3. Memiliki alas pintu masuk di luar pintu kantor


    Alas pintu masuk ini akan sangat berguna dalam menjaga kebersihan lingkungan di dalam kantor Anda. Pilih tikar yang baik yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan tahan lama sehingga Anda dapat menggunakan tikar kantor ini untuk waktu yang lama.

  4. Desain beberapa display yang memukau


    Casing display juga menarik terutama jika bisnis Anda adalah berupa barang dan Anda perlu menunjukkan produk-produk ini. Anda dapat memilih untuk memilikinya dalam kotak kaca tertutup yang hanya untuk dilihat, atau di rak terbuka yang akan memungkinkan pelanggan Anda memegang barang dagangan.

  5. Bacaan dan hiburan lainnya


    Anda juga dapat menampilkan buku, majalah, dan bahan bacaan lainnya di furnitur kayu yang dibuat dengan baik, agar pengunjung tidak bosan menunggu.

Ada banyak inspirasi desain h3 yang dapat Anda ikuti, sehingga Anda dapat menciptakan lingkungan yang terlihat baik di dalam ruang h3 kantor Anda. Jika Anda tidak memiliki cukup pengetahuan dan keterampilan dalam mendekorasi kantor Anda sendiri, Anda dapat menyewa layanan desain interior profesional. Temukan Inspirasi ruang lobby anda di sini.