Desain Restoran Klasik

Foto inspirasi dan ide desain restoran klasik.


Mengenali Lebih Dalam Tentang Desain Interior Restoran

Restoran adalah tempat untuk membeli dan menikmati makanan serta minuman. Selain untuk memenuhi kebutuhan perut, restoran juga memiliki fungsi sosial sebagai tempat untuk bercengkerama dan bersosialisasi dengan teman dan kerabat. Karena itu, restoran juga merupakan tempat rekreasi dan berkaitan dengan gaya hidup.

Desain restoran yang baik perlu untuk memperhatikan fungsi-fungsi tersebut. Restoran perlu didesain agar pengunjung dapat menikmati hidangan dengan nyaman. Namun yang tak kalah penting, restoran perlu dirancang agar koki dan pekerja di dapur dapat bekerja dengan nyaman dalam menyiapkan makanan dan minuman, serta pelayan restoran dapat dengan mudah dan lancar melayani kebutuhan pelanggan.

Jenis-Jenis Restoran

Ada berbagai macam jenis restoran, mulai dari restoran cepat saji (fast food), restoran kasual (casual dining), restoran etnik (restoran Padang, restoran Jawa, restoran Sunda, restoran Cina, restoran Jepang, dll.), depot, kafe, bistro, food court, pujasera, hingga restoran mewah (fine dining). Jenis restoran ini tentunya akan berperan penting dalam desain restoran.

Fungsi Ruang Restoran

Ruang makan di restoran adalah yang pertama kali terlihat saat orang masuk ke restoran. Namun, yang tidak kalah penting fungsinya adalah dapur. Dapur adalah jantung restoran. Di sinilah produk utama restoran disimpan, diolah, dan dipersiapkan. Oleh karena itu, desain dapur restoran sangatlah penting untuk dipikirkan, baik dari segi ukuran, sirkulasi, lay-out, tempat penyimpanan dan lain-lain. Tentu saja, dapur restoran cepat saji akan sangat berbeda dengan restoran padang, misalnya. Tidak bisa sembarangan, namun jasa desain dapur restoran profesional dapat membantu Anda untuk merealisasikannya dengan tepat.

Segi Estetika Restoran

Restoran tidak hanya menjual makanan, tetapi juga pengalaman dalam menikmati makanan. Oleh  karena itu, desain restoran perlu sekali memperhatikan segi estetika. Apalagi, dalam era media sosial saat ini, fenomena ‘makan cantik’ telah menjadi rutinitas yang digemari banyak orang. Desain yang cantik untuk difoto (instagramable) dapat menjadi viral sehingga bisa mempromosikan restoran Anda.

Konsep dan Gaya Desain Restoran

Untuk menciptakan restoran yang estetis, tentu perlu konsep yang spesial. Biasanya, konsep dan gaya desain ini disesuaikan dengan jenis restorannya. Misalnya, restoran yang menjual masakan Indonesia biasanya cocok untuk menggunakan gaya desain tradisional nusantara. Sementara itu, gaya desain klasik Eropa akan lebih cocok untuk restoran Perancis. Restoran Jepang juga biasanya memiliki gaya desain yang khas. Demikian pula restoran Cina yang biasanya didesain dengan gaya oriental. Namun, bukan berarti desainer tidak bisa melakukan design fusion alias memadupadankan beberapa gaya sekaligus. Misalnya, restoran dengan gaya minimalis bisa didesain untuk restoran bertemakan Jepang, atau restoran padang dengan gaya industrial. Namun tentu saja, diperlukan kepiawaian tersendiri untuk dapat memadupadankan konsep dan gaya desain dengan harmonis.

Ruang Makan Outdoor

Banyak restoran menyediakan ruang makan di tempat terbuka, baik dengan kanopi atau tidak sama sekali. Area makan luar ruang alias outdoor dining kerap digemari pelanggan karena terasa lebih lega, tidak sumpek, lebih segar, dan lebih bagus pemandangannya. Terlebih lagi untuk perokok, mereka biasanya bisa merokok sembari menunggu pesanan atau setelah makan. Outdoor dining ini banyak disediakan di restoran-restoran di tempat-tempat wisata. Beberapa mall juga menyediakan tempat-tempat makan outdoor yang biasa disebut alfresco dining. Pujasera atau hawker center juga biasannya semi terbuka. Di negara-negara Barat, tempat makan outdoor juga banyak disediakan di restoran-restoran yang ada di pinggir-pinggir jalan. Apalagi, sejak pandemi covid-19, ruang makan outdoor lebih digemari karena risiko penularannya jauh lebih kecil daripada di dalam ruangan.

Mendesain restoran bukanlah hal mudah karena kompleksitasnya, untuk itu berkonsultasi dengan ahli desain interior adalah jawaban yang tepat. Desain yang baik harus dapat menciptakan rasa nyaman bagi pelanggan sekaligus pekerja restoran. Oleh karena itu, peran jasa desain restoran profesional yang berpengalaman sangatlah penting untuk dapat menciptakan desain restoran yang aman, nyaman, dan estetik.


Promo Brand
NEW