Desain Ruang Kerja Craftsman

Foto inspirasi dan ide desain ruang kerja craftsman.

Filter

Bekerja atau berkantor di rumah telah menjadi tren di masa kini. Banyak orang memilih untuk berkantor di rumah demi efisiensi waktu. Dengan bekerja di rumah mereka berharap tidak perlu membuang waktu untuk perjalanan pulang-pergi kantor, sehingga dapat meluangkan waktu lebih banyak bersama keluarga. Oleh karena itu, memiliki sebuah ruang kerja pribadi menjadi pilihan bagi orang-orang yang bekerja di rumah.


Sesuai dengan fungsinya yaitu sebagai ruang untuk bekerja, sebuah ruang kerja perlu didesain dengan tepat agar nyaman digunakan. Faktor kenyamanan ini sangat penting. Dengan ruang kerja yang nyaman, Anda dapat bekerja dengan optimal. Disinilah, desain ruang kerja yang tepat sangat dibutuhkan. Lalu, bagaimana cara menata ruang kerja yang ideal? Apa saja yang perlu diperhatikan saat akan mendesain ruang kerja?


Aktivitas kerja seperti apa yang akan dilakukan?

Siapa yang akan menggunakan ruang kerja? Aktivitas kerja seperti apa yang akan dilakukan? Dua pertanyaan ini adalah hal pertama yang perlu Anda jawab sebelum mulai mendesain ruang kerja. Mengetahui siapa dan aktivitas kerja seperti apa yang dikerjakan akan memudahkan Anda menentukan furnitur apa saja yang diperlukan dan desain ruang kerja seperti apa yang cocok untuk diterapkan.


Dimana letak, ukuran dan luas ruang kerja yang dimiliki?

Apakah Anda sudah menentukan ruangan mana yang akan dijadikan ruang kerja? Atau masih memikirkan dimana lokasi yang tepat untuk ruang kerja? Idealnya, sebuah ruang kerja berada di tempat terpisah dan jauh dari keramaian. Dengan begitu, aktivitas kerja dapat dilakukan dengan optimal. Apabila Anda memiliki ruang perpustakaan, Anda dapat menempatkan ruang kerja berada dalam satu area dengan ruang perpustakaan.


Pada beberapa tipe rumah yang berbeda, desain ruang kerja digabung dengan ruang lain. Ada ruang kerja yang digabung dengan kamar tidur, ruang perpustakaan ataupun ruang keluarga. Jika Anda ingin menggabungkan ruang kerja Anda dengan ruang lainnya, pastikan ada jarak privasi sehingga Anda tetap dapat bekerja dengan nyaman dan optimal tanpa merasa terganggu dengan aktivitas lain di sekitar.


Selain menentukan posisi ruang kerja di dalam rumah, untuk mendesain ruang kerja, Anda perlu mengetahui ukuran dan luas ruang kerja. Pada dasarnya, luas atau sempitnya ruangan tergantung dari jenis aktivitas yang dilakukan. Ada aktivitas kerja yang membutuhkan ruangan luas dan ada aktivitas kerja yang tidak butuh ruangan luas. Sebagai contoh adalah menulis. Anda yang berprofesi sebagai penulis tidak membutuhkan ruang yang luas untuk dapat bekerja.


Bagaimana jika aktivitas kerja membutuhkan ruang yang luas? Apa yang harus dilakukan jika luas ruang kerja yang dimiliki kecil dan terbatas? Menata ruang kerja yang sempit merupakan tantangan tersendiri. Anda perlu memilah furnitur berdasarkan kebutuhan kerja Anda. Desain ruang kerja yang tepat akan membantu Anda memiliki ruang kerja yang nyaman, meskipun dengan ukuran kecil.


Furnitur apa saja yang dibutuhkan untuk ruang kerja?

Salah satu bagian dari mendesain ruang kerja adalah memilih furnitur yang akan digunakan. Secara umum, sebuah ruang kerja membutuhkan furnitur seperti meja, kursi, dan rak buku. Akan tetapi, Anda perlu mempertimbangkan furnitur yang akan Anda pilih. Perhatikan ergonomi, material, ukuran, dan bentuk desain furnitur yang akan Anda pilih. Pemilihan furnitur yang tepat dapat meningkatkan produktifitas Anda dalam bekerja dan mampu mengoptimalkan hasil kerja Anda.


Ide desain ruang kantor seperti apa yang Anda inginkan?

Ruang kantor seperti apa yang Anda inginkan? Apakah minimalis, modern, natural, klasik, atau lainnya? Anda ingin memiliki ruang kantor yang minimalis dan sederhana atau mewah dan elegan? Tampilan dan kesan dalam ruangan, baik ruang kantor ataupun ruang lainnya ditentukan oleh beberapa elemen, antara lain : warna dan pencahayaan(lighting).


Warna Ruang Kerja

Warna menjadi salah satu elemen yang dapat menciptakan kesan dalam ruangan. Untuk ruang kerja, Anda dapat memilih warna-warna cerah dan kalem. Warna-warna tersebut mampu memberikan relaksasi dan tidak membuat Anda tidak mudah merasa lelah. Untuk furnitur, Anda pun dapat memilih warna-warna senada sehingga tetap dapat menyatu dengan ruangan kerja Anda.


Pencahayaan (Lighting) Ruang Kerja

Desain pencahayaan pada ruang kerja menjadi salah satu hal yang tidak boleh diabaikan. Meski terkesan sepele, penempatan pencahayaan yang tidak tepat akan mengganggu aktivitas kerja Anda. Anda dapat mudah lelah dan Anda tidak dapat bekerja secara optimal.


Bagaimana desain pencahayaan yang baik untuk ruang kerja? Meskipun butuh pencahayaan buatan, adanya pencahayaan alami tetap diperlukan. Ruang kerja yang memiliki bukaan sehingga memungkinkan cahaya masuk ke dalam ruangan baik untuk kesehatan. Untuk ruang kerja yang memiliki pencahayaan alami, pengaturan furnitur juga akan menjadi pertimbangan. Anda perlu mengatur meja kerja Anda sebaik mungkin agar mendapatkan posisi paling optimal untuk bekerja.


Sementara itu, untuk pencahayaan buatan, dimana sebaiknya lampu kerja diletakkan? Ruang kerja biasanya menggunakan general lighting yang menerangi seluruh ruangan dengan cahaya normal. Jika menurut Anda masih kurang, Anda pun dapat menambahkan lampu meja.


Berapa bujet yang dianggarkan untuk mendesain ruang kerja?

Sudahkah menyiapkan bujet untuk ruang kerja Anda? Bujet adalah salah satu hal yang penting selain desain. Setelah mengetahui desain seperti apa yang Anda inginkan dan furnitur apa saja yang Anda perlukan, Anda perlu mengetahui biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan desain ruang kerja sesuai dengan selera Anda. Anda harus memastikan bahwa biaya desain ruang kerja yang Anda butuhkan tidak melebihi bujet yang telah Anda anggarkan.


Apabila Anda masih ragu dengan bujet yang Anda miliki, menggunakan jasa profesional arsitek dan desainer interior dapat dijadikan pilihan. Dengan bantuan profesional arsitek dan desainer interior, Anda akan mendapatkan solusi desain terbaik menyesuaikan dengan bujet yang Anda miliki.


Untuk mendapatkan profesional arsitek dan desainer terbaik, Anda dapat mencarinya di Arsitag. Arsitag memiliki profesional-profesional arsitek dan desainer terbaik yang dapat memberikan solusi desain terbaik untuk ruang kerja Anda. Selain dapat melihat profil dan berbagai inspirasi desain ruang kerja yang pernah dikerjakan oleh mereka, Anda dapat langsung mengontak mereka baik via telepon ataupun pesan di email.