Desain Rumah Farmhouse

Foto inspirasi dan ide desain rumah farmhouse.


Desain Rumah Ideal: Titik Tengah Antara Interior, Budget & Furniture Multifungsi 

Rumah sebagai tempat tinggal adalah salah satu kebutuhan pokok manusia; tempat bernaung dan beristirahat, tempat membangun keluarga dan juga seringkali tempat berkarya. Oleh karena fungsinya yang sangat penting ini, rumah perlu didesain dengan baik, supaya dapat memberikan kenyamanan, keamanan, dan juga inspirasi. Rumah sebagai hunian yang baik selayaknya selalu menjadi tempat yang dirindukan setiap pulang kerja atau bepergian ke tempat lain. Selain itu, rumah juga kerapkali menyimpan memori dan kenangan manis yang akan selalu teringat seumur hidup.

Karena itu, mendesain rumah bukanlah pekerjaan yang mudah. Diperlukan keahlian, pengalaman, dan intuisi desain yang baik agar dapat menciptakan hunian yang nyaman dan estetik. Menggunakan jasa arsitek profesional selalu menjadi pilihan ideal bila seseorang ingin mendesain rumah impiannya. Selain memberikan solusi-solusi teknis dalam desain rumah, arsitek atau desainer profesional dapat membagikan ide-ide segar yang dapat menginspirasi Anda untuk mewujudkan hunian idaman.

Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan dalam mendesain rumah?

Kapasitas

Desain rumah pertama-tama sangat ditentukan oleh kapasitasnya. Berapa orang yang akan tinggal di sana? Berapa orang dewasa dan berapa anak-anak? Adakah orang lanjut usia atau yang berkebutuhan khusus? Semua itu akan mempengaruhi desain rumah. Kapasitas ini juga akan menentukan apakah rumah itu termasuk rumah minimalis, kecil, rumah sedang, rumah besar, mansion, atau bahkan istana.

Fungsi

Ada fungsi-fungsi rumah yang esensial seperti kamar tidur, kamar mandi, dan dapur – atau setidaknya pantry kecil dengan sink untuk mencuci peralatan makan. Fungsi-fungsi lainnya dapat ditambahkan sesuai kebutuhan atau keinginan, seperti ruang keluarga, ruang tamu, kamar tidur anak, ruang kerja, gudang, dapur bersih, dapur kotor, garasi, kamar pembantu, kamar mandi pembantu, tempat jemuran, taman, perpustakan, ruang belajar, ruang bermain, ruang doa, ruang fitnes, ruang yoga, dan fungsi-fungsi lainnya.

Gaya Desain

Gaya desain rumah ada bermacam-macam, mulai dari rumah klasik, rumah minimalis, rumah industrial, rumah skandinavian, rumah modern, rumah futuristik, rumah tradisional, rumah tropis, rumah kontemporer, rumah mediterania, rumah eklektik, dan berbagai macam gaya desain lainnya, yang bisa saja dipadu-padankan sesuai selera. Namun, perlu diingat, perlu adanya keharmonisan dan koherensi gaya agar rumah tetap tampil estetik dan nyaman.

Eksterior dan Interior

Rumah memiliki dua bagian besar yang perlu didesain yaitu bagian luar ruang (eksterior) dan bagian dalam rumah (interior). Bagian luar ruang biasanya berupa fasad/muka bangunan dan taman. Desain eksterior ini akan menentukan kesan yang ditimbulkan ketika orang pertama kali melihat rumah tersebut. Namun, ini bukan yang terpenting karena Anda akan menghabiskan jauh lebih banyak waktu Anda di dalam ruang. Oleh karena itu, interior rumah Anda perlu didesain senyaman mungkin.

Pencahayaan

Anda tentunya tidak ingin tinggal di rumah yang gelap dan suram. Oleh karena itu, pencahayaan adalah salah satu faktor penting yang perlu dipikirkan saat mendesain rumah. Ada dua macam pencahayaan, yaitu pencahayaan alami dari sinar matahari, dan pencahayaan buatan dari lampu. Pencahayaan alami dapat dimaksimalkan dengan mendesain banyak jendela dan bukaan untuk sinar matahari masuk. Namun, ini tentunya perlu diimbangi agar tidak terlalu panas. Desain pencahayaan buatan akan menentukan suasana dan kenyamanan rumah Anda di malam hari. Oleh karenanya, tidak ada salahnya Anda menggunakan jasa desainer lighting untuk membantu Anda mendapatkan pencahayaan yang terbaik untuk hunian Anda

Budget

Faktor terakhir dan mungkin yang paling menentukan desain rumah Anda adalah bujet. Ini akan menentukan kualitas dan juga kelas rumah Anda, apakah itu rumah sederhana, rumah menengah, atau rumah mewah. Meskipun anggaran yang tersedia mungkin baru untuk rumah sederhana, bukan berarti itu tidak bisa didesain dengan kualitas yang baik. Di tangan seorang arsitek yang piawai, rumah sederhana pun bisa berkualitas tinggi dan membuat Anda merasa nyaman. Sebaliknya, bila salah desain, rumah mewah bisa saja terasa tidak nyaman atau bikin tidak betah. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menyisihkan bujet Anda untuk membayar jasa desain rumah profesional yang handal untuk membantu Anda mewujudkan rumah impian Anda yang terbaik.

Sudah siap mendesain rumah idaman Anda? Hubungi Arsitag.com sekarang untuk mendapatkan jasa desain interior untuk rumah dan ruangan lainnya dengan kualitas terbaik.


Promo Brand
NEW